Senin, 22 Juli 2013

Google Politik | Politik Google


Untukmu Google
Hanya ada dua hal yang tidak terbatas, alam semesta dan kebodohan. Dan saya tidak yakin tentang alam semesta.
Albert Einstein

Dunia internet siapa tidak kenal Google Search,  salah satu search engine terkenal, yang dimiliki Google Inc. Google search salah satu bagian dari Google Inc yang mengelola banyak produk dengan basis web dan gratis. Google sebagai perusahaan memang dibangun dengan dasar dari mesin penelusuran, kemampuan melakukan indentifikasi bahasa (code mesin=code manusia) untuk menyambungkan keinginan pengguna dengan mesin adalah terobosan spektakuler dijamannya. Perkembangan Google tidak hanya berbatas pada kemampuan identifikasi, Google bermutasi menjadi sebuah perusahan multinasioanal yang mendominasi keinginan pengguna internet. Terpenting dicatat oleh pembaca Google adalah perusahaan “memberikan apa yang paling anda butuhkan”, tetapi bukan perusahaan “memberikan apa yang anda inginkan”.
Kemampuan Google untuk memberikan apa yang paling anda butuhkan berkaitan dengan sejarah perjalanan berdirinya Google1. Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin mengambil dasar dari mesin telurus BackRub,  yang kemudian dkembangkan dengan nama Google sebagai plesetan dari Googol2.  Dugaan penulis, kata Google bukan sekadar plesetan biasa tapi akronim dari tiga term googol library engine. Pembuktian sekarang dengan Google sebagai mesin pencari telah memenuhi misi pendiri sebagai mesin yang penyimpanan informasi tapi telah mencapai pengaturan lalu lintas informasi.  Kesimpulan dasar sekarang Google telah menembus sekedar misi nyata, Google menerobos ruang  dan waktu dengan kemampuan menyimpan dan mengatur lalu lintas informasi tanpa batas (googol=10100).  Sebagaimana penggunaan googol dalam matematika untuk membandingkan dengan subatomik, berkaitan dengan dasar bahasa mesin komputer adalah biner3.
Sekilas tentang Google diatas memberikan pijakan bagaimana prediksi kedepan GoogleTM, penguraian selanjutnya berkaitan dengan Google Politik | Politik Google.

Google Politik
Perusahaan Google tetap tidak terlepas dari misi utama pendiri berupaya untuk memenuhi segala kebutuhan yang di inginkan pengguna internet. Seperti telah di sampaikan diatas Google memberikan apa yang dibutuhkan tetapi kebutuhan yang diterobos hingga pada tingkat belum terpikirkan oleh pengguna internet. Terobosan masa depan memenuhi kebutuhan manusia yang menjadi citra dari Google bukan berarti mimpi tanpa beralasan namun suatu prediksi bahwa manusia akan menuju pada pada tingkat tersebut. Pada saat tiba tingkat kebutuhan manusia, Google telah mempersiapkan, sehingga manusia hanya mempunyai pilihan berintegrasi dan beradaptasi dengan penawaran Google atau memilih jalan berbeda yang berbayar dan mengembangkan kembali.
Google Politik mencerminkan masa depan yang dibutuhkan dan gratis, merupakan pondasi yang tidak akan terbantahkan menjadikan kedepan dunia lebih dekat tanpa pembatas wilayah dan jarak. Penyimpanan atas informasi dan pengaturan informasi tanpa batas menjadikan Google politik lebih tajam serta mumpuni. Segala informasi ini menjadi dasar analisa bagaimana kedepan akan kehendak dari manusia. Perilaku manusia yang menuju tingkat ingin serba mudah dan nyaman menjadikan hilangnya batasan wilayah dan jarak. Dunia telah berada pada genggaman, dengan memiliki smartphone telah tergenggamlah dunia. Dunia terkini telah berada pada sekekilas  pandangan yang telah diterobos oleh gadget Google glass4.
Cara pandang Google yang konsisten terhadap misi menjadikan misi lambat laun sebagai pisau analisisa menuju gerbang masa depan guna pemenuhan kebutuhan manusia, citra perusahaan dapat saja mengklaim mengagungkan kemanusia. Beralasan bila menelaah lebih dalam kinerja Google dengan project-project pengembangan yang banyak menampung manusia cerdas untuk menyalurkan daya pikir serta imajinasi mereka untuk perbaikan manusia khususnya dan bumi pada umumnya. Google dengan beberapa orang melakukan riset-riset masa depan, mengadakan lomba ilmiah dan pendanaan bagi siapa pun yang memiliki potensi. Google politik mestinya menjadi cerminan kedepan bumi lebih baik, tanpa ada pembatas wilayah dan jarak, lebih tinggi lagi bebas nilai suku, agama, ras, warna kulit dan pandangan politik.   
Cerabut diri dari dunia maya membawa pikiran menuju relitas kehidupan maka terejakulasi pemikiran terhadap negara, mempertanyakan keberadaan negara dan sistem kekuasaan. Berbanding terbalik antara realitas dengan dunia Google, manusia dengan kekuasaan menuju pada perusakan, penghancuran dan pemusnahan peradaban. Penguasa negara kokoh berada pada cara pandang akan penguasaan wilayah, rakyat dan sumber daya alam. Bersembunyi di balik topeng nasionalisme, idealisme dan patriotisme, dalam kenyataan masih saja mengorbankan rakyat. Negara-negara barbar berlomba-lomba saling mendominasi. Persaingan antar negara membawa dunia politik semakin menjerumuskan manusia hingga titik terendah, menjadi anti dari memanusiakan manusia, perlombaan kepemilikan senjata pemusnah massal, pembunuhan diberbagai jalanan dan pencurian informasi tanpa hak seperti publikasi perilaku National Security Agency (NSA)5.  Situasi dunia perpolitikan terupdate menuju pembenaran bahwa politik adalah tangan-tangan berdarah, terjadi penghisapan dan keterasingan6 (marxisme). Tindakan tersebut sekadar menjaga eksistensi kekuasaan sekelompok orang bukan untuk kepentingan umum.
Kenyataan dunia politik seperti diatas, apakah manusia harus takut kemudian berlari atau bila perlu menghilang? Menjadi keyakinan bahwa semestinya bangun menghadapi dengan bercermin dari Google Poltik, bahwa masih ada dunia lain sebagai jalan perjuangan memanusia manusia, menjaga akan terusnya peradaban manusia. Melakukan hijrah pemikiran dengan berbagi demi kebaikan dengan bebas nilai mempertahankan eksistensi manusia.

Politik Google
Penyatuan dunia manusia kedalam sistem informasi tidak segampang membalikan telapak tangan, perjuangan panjang penuh liku pasti dihadapi pendiri Google. Bagaimana terbangunnya para motivator seperti manusia super lebih mengerti dan para konsultan perusahaan telah banyak berkeliaran, mereka itu lebih tahu cara membangun perusahaan walaupun mereka belum tentu memiliki perusahaan atau kebenaran bahwa motivator memotivator dirinya sendiri. Politik Google disini adalah cara pandang Google menembus sekat yang terbangun kokoh oleh pemain utama piranti keras dan piranti lunak yang saat itu sangat populer adalah windows. Berupaya Menyibak pemisah, berlari menerobos dalam kegelapan dan mengindar dari cengkraman dominasi piranti lunak seperti Windows dan Macintosh Apple.
Racikan adonan taktik dan strategi dengan kemampuan khusus pendiri yang membesarkan Google. Racikan penting adalah berlandas dari cita-cita pendiri di ramu dengan gratis dan open source. Ramuan tersebut menarik siapapun yang anti atas kartel software yang sering kali barlaku curang. Kesadaran keterbatasan membuat pendiri Google membalik keterbatasan menjadi kekuatan, disinilah kehebatan pendiri. Situasi dunia internet mulai dipenuhi dengan gerakan anti berbayar, melahirkan banyak paksi seperti hacker, cracker ataupun carding. Mereka berdasarkan tingkat kemampuan menjadi paksi tersebut, pada kenyataan fasih pada sistem operasi linux. Sistem para pengagung code, seiring waktu dengan perputaran percepatan dimana teknologi berkembang mengikuti piranti lunak lahir lisensi terbuka adalah GNU. Google dengan situasi seperti tersebut terbantu melopompati jurang pemisah atara penggguna dengan pembuat piranti lunak kecil seperti Google saat itu. Adanya keterkaitan dengan sistem operasi saat itu mulai bangkit membesar adalah Mozila sebagai pilihan utama menjauh dari Windows IE. Beberapa situasi pertentangan diatas memberikan Google kemudahan memperoleh permodalan (Sun;
Sequoia Capital dan Kleiner Perkins; John Doerr dan Michael Moritz)7 dan perluasan jaringan.       
Perkembangan Politik Google melejit disamping karena situasi, trend bahwa piranti lunak sebagai motor kemajuan yang membawa perangkat keras. Kemampuan beradaptasi perangkat keras untuk mendukung  piranti lunak hingga Goonol, istilah dasar Google kembali terbukti berkuasa menjadi tujuan siapapun di dunia internet untuk menerobos tanpa batas.
Google terus melakukan perkembangan dengan memperkenalkan produk-produk baru dan mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang dapat melengkapi, memiliki potensi banyak diperggunakan serta negara-negara yang welcome dengan memberikan domain. Perjalanan politik memajukan Google tidak selalu berhasil membumingkan produk-produk gratisan mereka. Ada 10 produk Google di tidak mencapai sukses pemenuhan kebutuhan pengguna seperti Google Lively, Jaiku, Google Buzz, Knol, wiki dan search wiki, Google Video, Google Wave, Google Notebook, Dodge Ball8. Semua kegagalan tersebut terbayar dengan makin meledaknya Android, seperti pendahulunya Google Search siapa tidak kenal mesin pencari Google dan saat kini kalimat tersebut di sematkan pada Android. Keberhasilan Google tidak terlepas oleh kemajuan industri strategis USA seperti NASA dan militer USA, kontribusi bisa saja imbal balik secara langsung maupun tidak langsung, seperti project penyimpanan data Nasa, Google Maps dan Google glass bukan hal baru sebenarnya adalah teknologi militer USA pada operasi gurun. Kemampuan Google untuk menambahkan fitur menjadi gadget memenuhi kebutuhan manusia yang terjangkau secara finansial dan kecanggihan, Indonesia disini berperan serta sebagai pasar dan perilaku konsumen dengan harga murah tetapi canggih. Politik Google perlu dicermati dalam perkembangan pertarungan samsung sebagai perangkat keras Android dengan Apple yang ekslusif dengan Ipad dan Iphone. Kembali konsep Piranti lunak sebagai pemacu kemajuan perangkat keras didukung gratis menjadi pemenang pasar.
Ekses pertarungan-pertarungan yang membesarkan Google, politik lama adalah seni sebagaimana tertuang dalam manuskrip sun tzu (art of war). Situasi kebetulan atau terencana menguntungkan Google tersebut, hanya bagian kesuksesan semua karena kebesaran jiwa pendiri yang masih konsisten dengan politik Google sebagai alat menggapai cita-cita awal.             

Google Politik | Politik Google memprediksi terobosan kedepan Google, prediksi sebagai asumsi kedepan merupakan project sangat ambisius Google menyangkut diluar bumi, penjelajahan angkasa dan ruang angkasa berkaitan dengan server data serta teleportasi.


Sumber :
1.      Google, tentang sejarah perusahaan [1], [7]
2.      Wikipidia.org  [2], [3], [6]
3.      Tempo.co [4]
4.      Airdikit [5]
5.      Okejon.com [8]

By. Tan Airdikit

2 komentar:

  1. Wah, penjelasan detail dan mendalam, bagus banget.

    BalasHapus
  2. Benar sekali mas sangat valid dan prediksinya dahsyat....!

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com